Friday, August 26, 2016

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Kentang?

Kentang merupakan makanan yang cukup familiar bagi kita. Biasa diolah berbagai makanan, kentang juga biasa digunakan sebagai pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya. Sekarang pertanyaannya apakah penderita diabetes boleh konsumsi kentang?

apakah penderita diabetes boleh makan kentang
credit : ZooFari  at Wikipedia

Manfaat Kentang untuk penderita diabetes

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita bahas dulu manfaat kentang untuk penderita diabetes. Kentang merupakan makan sumber energi dengan kandungan gizi yang cukup banyak.  Sayuran ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan senyawa organik yang membantu meringankan gejala diabetes. Kentang dapat membantu mengurangi peradangan karena kaya akan vitamin C, kalium, dan vitamin B6. 

Kentang juga  mempunyai kandungan tinggi kalium yang membantu mengatur tekanan darah tinggi. Serat dalam kentang membantu mengurangi kolesterol dan secara drastis meningkatkan sensitivitas insulin. Sebuah studi baru telah membawa penemuan bahwa lebih dari 100 jenis kentang berisi kandungan fenolik yang membantu melindungi terhadap penyakit jantung, masalah pernapasan dan beberapa kanker tertentu.

Indek glikemik kentang dan dampaknya

Kentang memang makanan bebas lemak, namun mengandung tinggi karbohidrat dengan sedikit protein. Kentang dapat meningkatkan gula darah dengan cepat dan cara pengolahan merupakan salah satu faktor yang menentukan seberapa cepat menyebabkan lonjakan gula darah. Menurut Harvard Health Publications dari Harvard University, 150 gram kentang panggang memiliki indeks glikemik sekitar 85. Kentang rebus 150 gram memiliki indeks glikemik sekitar 50. Sedangkan kentang dihaluskan (kentang tumbuk) memiliki indeks glikemik 85.

Apakah penderita diabetes boleh makan kentang?

Penderita diabetes boleh mengkonsumsi kentang namun harus tetap memperhatikan berapa jumlah karbohidrat dalam setiap 1 porsi makan. Dalam satu porsi makan penderita diabetes disarankan untuk menjaga asupan karbohidrat dikisaran 45-60 gram. Dalam satu buah kentang ukuran medium mengandung karbohidrat sekitar 37gram. Jadi anda bisa mengkonsumsi kentang sebagai alternatif pengganti nasi.

Pilih mengolah kentang dengan direbus ketimbang dipanggang atau dihaluskan. Kentang rebus memiliki indeks glikemik lebih rendah yang berarti kabohidrat lebih lambat berdampak pada gula darah. Konsumsi kentang ketika sudah dingin dan sebaiknya jangan ditambah garam. Lebih baik jika anda mengkonsumsi beserta kulitnya. Konsultasikan dengan dokter mengenai berapa banyak kentang yang boleh anda konsumsi.

Demikian artikel kami tentang apakah penderita diabetes boleh makan kentang, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment